DOMINO ONLINE - Lawan kanker dengan 5 kebiasaan sederhana ini

DOMINO ONLINE


Sebagai salah satu penyakit kronis yang mematikan dan sulit disembuhkan, kanker adalah penyakit yang menggerogoti tubuh penderitanya secara perlahan namun pasti. Kanker dapat diidap oleh siapapun tanpa mengenal usia dan latar belakang, dan semuanya bermula dari adanya gaya hidup yang tidak menyehatkan. 

Saat kanker sudah terlanjur terjadi, dibutuhkan kedisiplinan untuk menjaga kondisi kesehatan dan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang membangun kekuatan tubuh. Meski sulit memperoleh kesembuhan, para penyintas kanker membuktikan bahwa selama ada kemauan, kanker dapat dikalahkan. Kebiasaan yang dilakukan oleh para penyintas kanker merupakan kunci kesembuhan total dari kanker, seperti yang diungkapkan oleh Dwight McKee, MD, pakar onkologi dan pengobatan holistik di Amerika Serikat. 

DOMINO ONLINE - Lawan kanker dengan 5 kebiasaan sederhana ini

Berikut ini tips-tips sehari-hari yang dapat dipraktekkan untuk mengenyahkan kanker.

1. Atasi stres
Pekerjaan yang menumpuk dengan deadline yang ketat, jalanan macet, dan masalah keluarga yang datang silih berganti adalah sebagian kecil dari banyak pemicustres. Jika Anda sering mengalami hal ini, segera atasi. Karena stres akut akan merusak sistem daya tahan dan meningkatkan peradangan di dalam tubuh Anda, yang akan menjadi bahan bakar bagi sel-sel kanker, kata McKee. Anda bisa mempraktikkan yoga, meditasi atau hiking dan berusaha untuk hidup lebih santai. "Apapun pilihan pelepasan stresnya, yang penting Anda menikmati manajemen stresnya. Jika Anda tidak bisa menikmati, hal itu tidak bisa bertahan lama."

2. Hati-hati jamur
"Mykotoksin dan aflatoksin ditemukan di dalam jamur adalah zat paling karsinogenik yang pernah dikenal," kata McKee. Jika pipa di rumah Anda ada yang retak atau gudang dan ruangan lain berbau sangat lembap, segera bersihkan dengan saksama dan biarkansinar matahariserta udara segar masuk dengan leluasa. 

Domino Online - 3. Berolahraga
Buang jauh-jauh keengganan Anda untuk berolahraga. Karena aktif secara fisik dapat menyebabkan perubahansistem kekebalan tubuhyang akhirnya mampu membantu Anda menangkis kanker, demikian menurut sebuah studi dari University of Nebraska. Peneliti menganalisis profil 16 penderita kanker sebelum dan setelah program latihan selama 12 minggu, membandingkan rasio sel lama mereka dengan sel baru yang lebih tahan kanker. Hasilnya, setelah 12 minggu latihan, jumlah sel-sel lama yang rentan kanker berkurang sebanyak 15%.

4. Ulurkan tangan
Berbagi juga ampuh menangkal kanker. Jangan sungkan membantu sesama, ikutlah dalam kegiatan sosial. Riset klinis menunjukkan bahwa menjadi relawan sebuah kegiatan sosial dapat menambah fungsi imun tubuh Anda. 
"Kegiatan mulia seperti ini perlu untuk dilanjutkan dalam jangka waktu lama atau selamanya. Selain baik untuk kesehatan, tidak ada hal yang lebih menyenangkan selain bisa membantu meringankan beban mereka yang membutuhkan," ujar McKee.

5. Konsumsi suplemen ini
Selain bermanfaat membentuk tulang kuat, suplemen-suplemen ini juga mampu membantu mengurangi risiko untuk kanker. 
Berjemurlah di bawah sinar matahari pagi selama 10 menit setiap hari. Matahari pagi di musim panas mengandung kira-kira 10.000 IU vitamin D. Atau konsumsi makanan kaya vitamin D seperti ikan laut, yogurt, telur, dan sereal. Institute of Medicine merekomendasikan 600 IU perhari, sementara Endocrine Society-dan kebanyakan dokter menganggap hingga 2.000 IU perhari masih aman. (LT)

Membangun kebiasaan-kebiasaan ini bahkan meskipun Anda bukan seorang penderita kanker merupakan hal yang baik bagi kesehatan Anda. Mulailah dari hal yang kecil untuk kepentingan fisik Anda sendiri dan rasakan manfaatnya dalam jangka panjang.
Previous
Next Post »